Friday, August 12, 2016

INGATLAH SAUDARA !!! HARTA SEGUNUNGPUN TAK AKAN DI BAWA MATI


Bismillah-Orang yang kikir itu jikalau digambarkan seperti Laut Mati yang terdapat di Jordania. Banyak sungai yang mengalirkan air kepadanya, ia pun memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi. Akan tetapi, ia tidak bisa memberikan manfaat, bahkan ikan pun tidak bisa hidup di sana.
Kenapa seseorang bisa menjadi kikir? Orang kikir itu pasti karena kurang iman. Karena orang yang yakin kepada Alloh tidak akan kikir.

Orang kikir itu seperti sedang memakai baju besi, yang setiap kali akan... mengeluarkan harta, tangan dan tubuhnya malah semakin berat terhimpit oleh lapisan besi. Sedangkan orang dermawan setiap kali mengeluarkan harta, maka ia seperti sedang memakai baju besi yang nyaman dan menjadi perlindungan bagi tubuhnya.

Allah berfirman:"Wahai orang-orang yang beriman! Belanjakanlah (pada jalan Allah) sebahagian dari hasil usaha kamu yang baik-baik, dan sebahagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu sengaja memilih yang buruk daripadanya (lalu kamu dermakan atau kamu jadikan pemberian zakat), padahal kamu sendiri tidak sekali-kali akan mengambil yang buruk itu (kalau diberikan kepada kamu), kecuali dengan memejamkan mata padanya. Dan ketahuilah, sesungguhnya Allah Maha Kaya, lagi sentiasa Terpuji.” (Qs Al-Baqarah  267)

Orang yang bebas dari kebakhilan, dia akan nyaman hidupnya. Sedangkan orang yang kikir walaupun harta berlimpah, maka ia akan menderita. Hartanya hanya dikumpul-kumpulkan, dihitung-hitung lalu ditimbun. Untuk apa? Seperti air yang tergenang tidak mengalir kemana-mana, meski awanya jernih namun tidak akan lama lagi dia akan keruh dan menjadi sumber penyakit. Rasa takut kehilangan, takut dicuri, takut berkurang adalah siksaan yang seringkali tidak disadari oleh orang yang kikir. Betapa menderita orang yang demikian.

Semoga Alloh Swt. senantiasa melimpahkan petunjuk kepada kita sehingga kita terhindar dari penyakit kikir. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.(KH Abdullag gymnastiar/moslemshine.com)

No comments:

Post a Comment

Komentar