Saturday, August 27, 2016

NENEK INI MENGAJARKAN TENTANG KETABAHAN MENGHADAPI HIDUP | HALLO PEMUDA?

foto:brilio.net
Bismillah-Siapa yang tak trenyuh melihat foto di atas,seorang perempuan tua renta yang bertahan hidup dengan berjualan seadanya memilih demikian untuk menyambung hidup dan menghindarkan dari meminta-minta.

Nenek yang biasa berjualan di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur ini hanya bermodalkan sehelai kain jarik batik sebagai alas lapaknya. Dagangannya pun tak banyak, nenek yang sudah berambut putih ini hanya menjual beberapa biji mi instan, kacang tanah, bedak sachet serta barang-barang lain yang jika ditotal nilainya tak seberapa.

Namun sedikitnya uang yang didapat tak membuat nenek perkasa ini berhenti mencari rezeki di jalan yang terpuji. Dari satu tempat ke tempat yang lain, nenek ini berpindah-pindah, untuk menggelar dagangannya sambil berharap ada pelanggannya yang membeli.

"Kalau ada yang bertemu dengan nenek ini, tolong dibeli daganganya ya," ujar Corner Royal sembari mengunggah foto tersebut, seperti dikutip brilio.net, Sabtu (27/8).

Islam sendiri memerintahkan pada kita untuk bekerja keras dan tidak meminta-minta alias pengemis adalah suatu pekerjaan yang hina.

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لأَنْ يَحْتَطِبَ أَحَدُكُمْ حُزْمَةً عَلَى ظَهْرِهِ خَيْرٌ مِنْ أَنْ يَسْأَلَ أَحَدًا ، فَيُعْطِيَهُ أَوْ يَمْنَعَهُ
Lebih baik seseorang bekerja dengan mengumpulkan seikat kayu bakar di punggungnya dibanding dengan seseorang yang meminta-minta (mengemis) lantas ada yang memberi atau enggan memberi sesuatu padanya.” (HR. Bukhari no. 2074)

Bekerja keras dengan menggunakan tangannya sendiri itu adalah salah satu pekerjaan terbaik bahkan inilah cara kerja para nabi ‘alaihimush sholaatu wa salaam. Dari Al Miqdam, dari Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

مَا أَكَلَ أَحَدٌ طَعَامًا قَطُّ خَيْرًا مِنْ أَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ ، وَإِنَّ نَبِىَّ اللَّهِ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – كَانَ يَأْكُلُ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ
Tidak ada seseorang memakan suatu makanan yang lebih baik dari makanan hasil kerja keras tangannya sendiri. Dan Nabi Daud ‘alaihis salam makan dari hasil kerja keras tangannya.” (HR. Bukhari no. 2072)

Ancaman Bagi Pengemis

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَسْأَلُ النَّاسَ حَتَّى يَأْتِىَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَيْسَ فِى وَجْهِهِ مُزْعَةُ لَحْمٍ
Jika seseorang meminta-minta (mengemis) pada manusia, ia akan datang pada hari kiamat tanpa memiliki sekerat daging di wajahnya.” (HR. Bukhari no. 1474 dan Muslim no. 1040)

Subhanalloh,dengan segala keterbatasanya Nenek ini mengajarkan kepada kita tentang nilai-nilai moral dan harga diri.Kita yang sehat dan lebih muda jika masih ada yang meminta-minta orang tua dan menuntut ini itu,bahkan jika ada yg memilih jalan menadahkan tangan di jalanan harusnya malu dengan nenek ini.(udp/moslemshine.com)

No comments:

Post a Comment

Komentar