Tuesday, August 9, 2016

TIGA WAKTU YANG DI LARANG MENGUCAPKAN SALAM BAGI MUSLIM

Bismillah-Satu dari sekian banyak hak sesama muslim adalah menyampaikan salam. Salam adalah sebuah ucapan yang mana mengandung kebaikan di dalamnya, mendatangkan kecintaan dan melapangkan dada (membuat tenang) bagi seorang muslim yang mendengarnya. Betapa banyak orang yang mengucapkan salam kepada saudaranya entah itu secara langsung atau lewat telepon atau surat atau SMS hingga mereka saling mencintai, saling mengasihi dan saling berkasih sayang. Mereka berbuat demikian hanya karena ikhlas kepada Alloh ta’ala dan mempunyai tujuan yang baik yaitu untuk mendoakan saudaranya. Contohnya seperti salam yang telah kita kenal yaitu “Assalamu’alaikum warrohmatullohi wa barakatuh” atau yang artinya salam sejahtera bagi anda sekalian dan semoga Alloh merahmati dan memberkahi atasnya.

Namun ucapan salam juga di larang pada waktu-waktu tertentu di antaranya:

1. Jangan mengucapkan salam ketika sahabat anda berada di WC karena WC adalah tempat kotor yang tidak pantas bagi seorang muslim untuk bercakap-cakap di dalamnya apalagi memulai dan membalas salam. Sebagaimana yang dikatakan Ibnul Qoyyim dalam kitab Zadul Ma’adnya bahwa Alloh ta’ala membenci percakapan dalam WC atau kamar mandi.

Dilarang mengucapkan salam kepada orang yang sedang buang hajat dan dilarang menjawab salam sementara ia berada di tempat buang hajat. Sebagai bentuk pengagungan kepada Allah agar namaNya tidak disebut di tempat-tempat kotor. Diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu 'Anhu ia mengisahkan bahwa seorang lelaki berjalan melewati Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam yang ketika itu tengah buang air kecil. Lelaki itu mengucapkan salam kepada beliau. Setelah selesai Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam berkata kepadanya: "Jika engkau melihatku dalam keadaan demikian (sedang buang hajat) janganlah ucapkan salam kepadaku, sebab aku tidak akan menjawab salammu itu."
(H.R Ibnu Majah no:346 dan dicantumkan dalam Shahih Al-Jami' no: 575)
Jumhur ulama berpendapat makruh berbicara di dalam WC tanpa keperluan.

2. Jangan mengucapkan salam ketika sahabat anda sedang makan dengan lahapnya karena bisa jadi ketika dia membalas salam anda akan membahayakan dirinya karena dikhawatirkan dia akan tersendak oleh makanannya. Sebagaimana dikatakan oleh sebagian ahli kesehatan, bahwa manusia itu dilarang berbicara ketika makan karena akan membahayakan dirinya.

3. Janganlah anda mengucapkan salam ketika teman anda sedang tidur karena bisa jadi perbuatan anda malah mengganggu tidurnya. Dan contoh-contoh yang lain yang mana anda tidak dianjurkan untuk mengucapkan salam karena adanya pertimbangan tertentu.

Itulah beberapa adab dan aspek hukum dalam syariat Islam berkenaan dengan permasalahan yang dilakukan orang setiap hari. Syariat Islam telah mengatur dan mejelaskannya sedemikian rupa. Bagaimana pula dengan permasalahan-permasalahan yang lebih besar daripadanya. Demi Allah, hal itu cukup sebagai bukti penegasan kesempurnaan dan keindahan Dienul Islam serta wajibnya kita mengikutinya. Kita memohon kepada Allah agar memberikan taufiq bagi kita semua kepada kebaikan dan mengkaruniakan hidayah kepada kebenaran. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi kita, Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. (udp/moslemshine.com dan rangkuman berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment

Komentar