Saturday, June 11, 2016

PERAHU KAYU 'MADE IN RAWALO' YANG OKE PUNYA

Bismillah – Sungai Serayu yang membelah Kabupaten Banyumas merupakan salah satu sungai penting dalam kehidupan warga Banyumas. Tidak hanya berfungsi sebagai salah satu irigasi bagi pertanian, Serayu juga melahirkan bisnis lain bagi warganya.
Adalah Darmo, warga Desa Tambaknegara Rawalo yang merintis usaha pembuatan perahu pada tahun1980 an. Dibantu oleh dua karyawan usaha pembuatan perahu ini terus bertahan hingga sekarang.

"Satu perahu butuh waktu tujuh hari dengan tiga kubik kayu cimplung," kata Darmo ketika berbincang bincang kepada sumber berita redaksi times Indonesia.
Darmo menjual satu unit perahu buatannya seharga Rp 7 juta. Perahu kayu ini banyak digunakan salah satunya sebagai alat transportasi di sekitar Sungai Serayu dan juga untuk mencari ikan.
"Perahu kayu yang saya buat banyak dibeli warga Rawalo sampai Banjarnegara," lanjut Darmo.
Pembuatan perahu kayu ini masih menggunakan tenaga manual belum menggunakan bantuan mesin. Darmo dan karywannya terlihat sangat piawai untuk memotong, memasang paku serta mneyusun kayu cimplung menjadi perahu yang kuat dan bagus.
Lokasi usaha perahu ini juga cukup strategis karena berada di Desa Tambaknegara sekitar bendungan gerak Serayu Rawalo Banyumas.
Ke depan Darmo berharap usahanya dapat terus berjalan walaupun sekarang makin banyak orang menggunakan motor untuk aktifitas sehari-hari. (*)

No comments:

Post a Comment

Komentar