Monday, June 6, 2016

WOW!!! MAHASISWA INDONESIA CIPTAKAN POLISI TIDUR PENGHASIL TENAGA LISTRIK


Kepandaian dan kehebatan anak-anak Indonesia tidak bisa diremehkan. Anak-anak bangsa Indonesia jika dibandingkan dengan anak-anak dari negara lain tak kalah hebat. Hal ini dibuktikan dengan prestasi anak bangsa di kancah internasional yang kini tengah banyak diberitakan.

Salah satunya adalah dari mahasiswa Unviersitas Brawijaya. Setelah beberapa hari lalu berhasil menciptakan jaket anti mengantuk dan memperoleh medali emas di ajang bergengsi di Malaysia, kini mahasiswa Brawijaya kembali mengembangkan penemuannya tentang polisi tidur penghasil listrik.


di lansir dari viva.co.id,penemu polisi tidur penghasil listrik ini adalah dari mahasiswa Teknik Elektro Universitas Brawijaya. Mereka adalah Doni Darmawan Putra, Hasan, Anthony Wijoyo, dan Ridho Darmawan, yang dibimbing oleh dosen Eka Maulana.

Konsep polisi tidur penghasil listrik ini diberi nama POTRET (Polisi Tidur Penghasil Energi Terbarukan). POTRET ini telah masuk nominasi lima besar penghargaan Inovasi Teknologi Kota Malang (INOTEK) 2016 bidang Energi. POTRET menerapkan hukum kekekalan energi untuk menghasilkan energi listrik.

Cara kerja dari POTRET ini adalah dengan merubah energi yang disebabkan oleh kendaraan yang melintas. Kemudian, energi tersebut berubah menjadi energi kinetik dan memutar rotor dari generator DC. Ketika rangkaian digabungkan dengan ACCU, akan terjadi aliran arus listrik yang secara perlahan akan mengisi tengan pada ACCU.

Energi yang disimpan tersebut dapat menjadi penerangan jalan saat malam hari. Awalnya, tim POTRET akan membuat dengan sumber energi dari air, namun dikhawatirkan akan terjadi korsleting listrik. Maka dari itu, terciptalah polisi tidur ini yang menimbulkan listrik karena melintasnya kendaraan.

Kita asumsikan, misalnya dalam sehari terdapat 1.000 kendaraan yang melintas dengan berat rata-rata 1.000-2.000 kilogram. Gear akan memutar generator dengan kecepatan putar 1.000-1.250 rpm. Hasilnya, energi ini dapat digunakan untuk menyalakan empat lampu 40 watt selama 10 jam setiap harinya.

Keunggulan dari POTRET ini adalah aman, portable, dan tidak terpengaruh cauca. Tempat paling tepat adalah di pintu gerbang kampus, mall, atau jalan tol yang terdapat portal. Saat ini, POTRET sedang dalam proses paten.

Semoga POTRET bisa segerala digunakan di banyak tempat, sehingga dapat menghemat penggunaan listrik. Dan ini bisa menjadi motivasi bagi anak-anak Indonesia lainnya untuk terus berprestasi.

No comments:

Post a Comment

Komentar