Thursday, July 28, 2016

HIU SEBERAT 2 TON TERJARING NELAYAN WONOSOBO

 
Bismillah-Seekor ikan jenis hiu paus terperangkap jaring nelayan di Pekon Karanganyar, Kecamatan Wonosobo, Tanggamus, Lampung. Sayang saat sejumlah nelayan menemukannya, Senin (25/7/2016), kondisi ikan bernama latin rhicodon typus itu sudah mati.

Di lansir dari tribunnews,Semula, beberapa nelayan tidak menyadari keberadaan ikan hiu paus tersebut. Mereka hanya merasakan beban yang berat saat menarik jaring. Setelah sampai di pantai yang bermuara, para nelayan baru mengetahui ternyata ada ikan berukuran besar di jaring mereka.
"Kebiasaan nelayan di sini, malam memasang jaring. Lalu, paginya baru menarik jaring," kata Kapolsek Wonosobo Inspektur Satu Junaidi.

Ikan tersebut memiliki bobot berkisar dua ton dengan panjang lima meter. Menurut Junaidi, para nelayan tidak sengaja mendapati ikan hiu paus di jaring mereka.
"Mungkin karena berat, tapi jaring tetap harus diangkat, akhirnya mereka tetap menarik jaring. Mereka juga tidak tahu ikan itu termasuk hewan dilindungi," imbuhnya.

Awalnya, ada empat nelayan yang menarik jaring itu. Namun lantaran tidak kuat, beberapa nelayan lain ikut membantu. Junaidi memperkirakan, kondisi ikan sudah sakit saat di laut.
Ikan tersebut lalu menepi untuk menghindari arus laut. Akan tetapi, malah terperangkap jaring nelayan. Karena kondisinya tidak selamat, warga bersama nelayan akhirnya mengubur ikan berkulit gelap dan bertotol-totol itu.

No comments:

Post a Comment

Komentar