Monday, March 28, 2016

"TAHNIK"IMUNISASI YANG DI ANJURKAN RASULULLAH S.A.W


Bismillah-Tidak banyak yang tahu jika pada zaman Rasulullah pun sudah ada imunisasi.Dewasa ini banyak bahan imunisasi ang mngandung bahan kimia,Vaksin yang haram bahkan najis yang di berikan melalui pembuluh darah.Padahal rasulullah sendiri telah mencotohkan cara imunisasi pada bayi yang baru lahir yaitu"Tahnik".

"Tahnik"adalah mengunyah kurma sampai lembut kemudian di taruh di tangan lalu masukan ke mulut bayi ke kiri dan ke kanan sampai ke langit langit.

 Imam Bukhori meriwayatkan, Abu Musa ra berkata:
ولد لى غلام فأتيت به النبى – صلى الله عليه وسلم – فسماه إبراهيم وحنكه بتمرة.


“(Suatu saat) aku memiliki anak yang baru lahir, kemudian aku mendatangi Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam, kemudian beliau memberi nama padanya dan ia mentahnik dengan sebutir kurma.”Dari ‘Aisyah, beliau berkata:

أن رسول الله – صلى الله عليه وسلم – كان يؤتى بالصبيان فيبرك عليهم ويحنكهم.


“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam didatangkan anak kecil, lalu beliau mendoakan mereka dan mentahnik mereka.”

An Nawawi menyebutkan dua hadits di atas dalam Shahih Muslim:

استحباب تحنيك المولود عند ولا دته وحمله إلى صالح يحنكه وجواز تسميته يوم ولا دته واستحباب التسمية بعبدالله وإبراهيم وسائر أسماء الأنبياء عليهم السلام

“Dianjurkan mentahnik bayi yang baru lahir, bayi tersebut dibawa ke orang sholih untuk ditahnik. Juga dibolehkan memberi nama pada hari kelahiran. Dianjurkan memberi nama bayi dengan Abdullah, Ibrahim dan nama-nama nabi lainnya. “


Rasulullah SAW bersabda: “Kurma itu menghilangkan penyakit dan tidak membawa penyakit, ia berasal dari surga dan di dalamnya terdapat obat.”


Manfaat dari buah kurma;

1. Menguatkan imunity
2. Mencerdaskan otak
3. Meningkatkan daya tahan (antibody)
4. meningkatkan Hemoglobin (Baik untuk penderita animea)
5. Meningkatkan jumlah trombosit
6. Sebagai multivitamin
7.Anti bakteri dan virus
8. Baik untuk masa pertumbuhan
9. Mengatur kepadatan tulang
10.Meningkatkan nafsu makan
11. Memelihara ketajaman mata dan pendengaran
12. Menenangkan dan menguatkan syaraf
13. Menstabilkan kejiwaan anak
14. Meluncurkan
15. Mengobati cacingan
16.Mengobati panas (demam), flu, batuk
17. menghaluskan kulit

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW menganjurkan untuk para istri-istri kamu yang sedang hamil untuk makan buah kurma, niscaya anak yang akan lahir kelak akan menjadi anak yang penyabar, bersopan santun serta cerdas. (HR Bukhari).

Nah sobat muslim,sederhana bukan?Rasulullah SAW adalah sebaik baik teladan bagi umat,maka sangat di anjurkan untk mengikuti cara-cara beliau dalam segala aspek dan bidang.semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

Komentar