Wednesday, May 11, 2016

MENGAPA ALLOH MENCIPTAKAN NYAMUK?SEDANGKAN NYAMUK SUMBER PENYAKIT BAGI MANUSIA?

Bismillah-Mungkin terbisik dalam benak kita pertanyaan judul di atas.Bukankah segala penciptaan Alloh s.w.t  tak ada satupun yang sia-sia?mengapa nyamuk yang lebih banyak menimbulkan bencana  justru di ciptakan.

Nyamuk adalah hewan sejenis serangga yang hidup di sekitar kita,berkembang biak sangat cepat pada genangan air yang kotor dan tenang,di kolam kolam dan di dedaunan yang lembab.Banyak yang mengira bahwa semua nyamuk memakan/menghisap darah.Anggapan tersebut tidak semuanya benar,sebab nyamuk ternyata memakan”nectar”seperti halnya kupu2 atau lebah.Yang memakan dan menghisap darah hanyalah  nyamuk betina.Kenapa hanya nyamuk betina ? Satu-satunya alasan mengapa nyamuk betina, dan bukan jantan, menghisap darah adalah karena darah mengandung protein yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan telur nyamuk. Dengan kata lain, nyamuk betina menghisap darah untuk mempertahankan kelangsungan hidup spesiesnya.

Nyamuk merupakan penyebab beberapa penyakit yang  terbilang sangat berbahaya  di antaranya:

1.Malaria

2.Demam berdarah

3.Demam cikungunya

4.Demam penyakit kuning

5.Penyakit kaki gajah

Lalu mengapa Alloh S.W.T  menciptakan nyamuk yang sudah pasti jelas menimbulkan bahaya dan kerusakan?.Di dalam Al Quranulkarim di jelaskan bahwa tak ada satupun mahluk yang  Alloh ciptakan tanpa membawa misi di dalam kehidupan.Bila di jabarkan satu persatu  dalam fenomena kehidupan sehari-hari justru kita akan merasa sangat luar biasa alloh mencipkan mahluk yang kecil dan menyebalkan ini.

Pertama,

Dengan adanya nyamuk dan segala yang di timbulkanya manusia berlomba-lomba dengan berbagai usaha dan penelitian agar dapat menciptakan pembasmi nyamuk.hingga yang saat ini kita jumpai berdirilah pabrik-pabrik anti nyamuk dengan  jumlah karyawan yang  tidak sedikit.Dari mulai obat nyamuk bakar yang berbau menyengat,hingga obat nyamuk electric yang berbau harum.

Kedua,

Penyakit yang di timbulkan oleh nyamuk juga mendorong ilmuwan untuk menciptakan obat dan penyembuhnya.Tak sedikit pabrik obat yang berdiri karena nyamuk,dan berapa banyak dokter yang di butuhkan akibat ulah si hewan penghisap darah ini.

Ketiga,

Nyamuk senang bersarang di tempat yang lembab,kotor dan berantakan.Dimana ada tempat seperti itu maka akan di jumpai nyamuk dan serangga lainya yang  tentunya membuat manusia merasa terganggu sehingga memicu manusia untuk menjaga kebersihan dan kerapihan tempat tinggalnya.

Subhanalloh,dari hal yang  mungkin tidak pernah kita pikirkan  ternyata banyak sekali manusia yang bergantung kehidupanya terhadap penciptaan dan keberadaan nyamuk.

"Sesungguhnya Allah tiada  segan membuat perumpamaan berupa  nyamuk atau yang lebih  rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Rabb mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan:"Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?" Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah,dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik."(QS. Al-Baqarah, 2:26)

Wallahu a’lam,semoga  uraian di atas dapat memberikan pengetahuan kepada kita semua dan mengubah cara pandang segala sesuatunya di dunia ini kembali ke  tuntunan kita  Al-Qur’anul karim dan Al-hadits.Aamiin Aamiin ya rabbal ‘alamin

 

 

 

 
Created by:ustantodwipriyatno/moslemshine.com

No comments:

Post a Comment

Komentar